Judul: Gagasan Liberalisasi PENDIDIKAN
ISLAM
Penulis:Soleh Subagja
Cetakan: Madani, September 2010
Tebal: i-xiv; 1-235 hal
Ukuran: 14 x 20 cm
Kertas: Buram
ISBN: 978-602-95805-3-2
Harga: Rp. 37.900
Pendidikan Islam yang merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional memiliki peran yang sama sebagai salah satu agen perubahan sosial. Karena itu, eksistensinya juga dituntut untuk mampu mengimbangi atmosfir modernisasi dan globalisasi yang merambah pada pelbagai aspek kehidupan. Kehadirannya diharapkan dapat membawa perubahan dan memberikan kontribusi berarti untuk kemajuan dan perbaikan umat Islam. Pendidikan Islam yang telah berjalan cukup lama mau tidak mau harus melakukan perubahan seiring dengan perkembangan masyarakat. Upaya ini merupakan suatu target agar pendidikan Islam selalu relevan dengan pelbagai kemajuan, tuntutan dan kebutuhan umat (relevan dengan setiap tempat dan waktu). Perkembangan pendidikan Islam sendiri, di Indonesia secara ekplisit dapat ditelaah berdasarkan pada faktor historis eksistensinya yang telah menuai beberapa perubahan dan perkembangan.
Buku ini membahas tentang Sejarah awal pendidikan Islam di Indonesia, Konsep pendidikan Islam, Konsepsi liberalisasi pendidikan, Filosofi kemanusiaan, kebebasan, dan pendidikan Islam, Konsep pembebasan: antara Paulo Freire dan pemikir di Indonesia dan Model liberalisasi pendidikan Islam. Dan di akhir buku ini dilampirkan dengan 21 (dua puluh satu) model-model alternatif metodologi pembelajaran pendidikan Islam; mulai metode ceramah, model demonstrasi dan eksperimen, model tanya jawab, sampai metode deduktif dan induktif.